Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Topologi itu adalah..

Topologi dimulai dengan penyelidikan pertanyaan-pertanyaan tertentu dalam geometri. Leonhard Euler 1736 kertas pada Seven Bridges of Königsberg dianggap sebagai salah satu risalah akademis pertama dalam topologi modern.

Istilah "Topologie" diperkenalkan di Jerman pada tahun 1847 oleh Johann Listing Benediktus di Vorstudien zur Topologie, yang menggunakan kata selama sepuluh tahun dalam korespondensi sebelum penampilan pertama di cetak. Inggris Bentuk topologi jaringan komputer pertama kali digunakan pada tahun 1883 di obituari Listing di jurnal Nature untuk membedakan "geometri kualitatif dari geometri biasa di mana hubungan kuantitatif terutama diperlakukan". The topologist Istilah dalam arti spesialis dalam topologi digunakan pada tahun 1905 di majalah Spectator. [Rujukan?] Namun, tidak satupun dari penggunaan ini sesuai persis dengan definisi modern topologi.

Topologi modern sangat tergantung pada ide-ide dari teori himpunan, yang dikembangkan oleh Georg Cantor di bagian akhir abad ke-19. Selain belajar komputer menetapkan ide-ide dasar teori himpunan, penyanyi dianggap titik set dalam ruang Euclidean sebagai bagian dari studinya seri Fourier.

Henri Poincaré diterbitkan Analisis SITUS tahun 1895, memperkenalkan konsep homotopy dan homologi, yang sekarang dianggap sebagai bagian dari topologi aljabar cara instal windows 7.

Mempersatukan bekerja pada ruang fungsi Georg Cantor, Vito Volterra, Cesare Arzelà, Jacques Hadamard, Giulio Ascoli dan lain-lain, Maurice Fréchet memperkenalkan ruang metrik di 1906 Sebuah ruang metrik sekarang dianggap sebagai kasus khusus dari ruang topologi umum . Pada tahun 1914, Felix Hausdorff menciptakan istilah ruang topologi jaringan komputer dan memberikan definisi untuk apa yang sekarang disebut ruang Hausdorff. Saat ini, ruang topologi adalah generalisasi sedikit ruang Hausdorff, diberikan pada tahun 1922 oleh Kazimierz Kuratowski. [Kutipan diperlukan]

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Topologi itu adalah.."

Post a Comment